Cara Melakukan Copy Paste File Berukuran Besar ke Flashdisk

No comments
Melakukan Copy Paste File Berukuran Besar ke Flashdisk

Flashdisk merupakan suatu pilihan media penyimpanan. Perangkat ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang beragam. Dengan kapasitas yang besar maka dapat untuk menampun file yang berukuran besar juga.

Too large for the destination file system

Namun, bisa saja saat melakukan transfer file ke flashdisk dengan ukuran yang besar, muncul notifikasi bahwa file memiliki ukuran yang besar daripada kapasitas.

too large for the destination file system

Kalimat di atas adalah pesan yang muncul ketika tidak bisa mentransfer file berukuran besar. Hal ini bisa terjadi karena satu file tunggal memiliki ukuran 4GB atau lebih. Atas notifikasi tersebut, dapat terpikirkan bahwa memang kapasitas flashdisk sudah tidak mencukupi. Padahal, dalam kenyataannya, ketika mengecek kapasitas tersedia, justru kapasitas yang tersediaa masih besar dan sangat memungkinkan untuk menyimpan file tersebut. Atau mungkin bahkan bisa saja terbesit dalam pikiran bahwa flashdisk yang digunakan telah rusak.

Tapi, eror ini bisa terjadi karena sistem file yang ada pada flashdisk. Ketika akan melakukan format flashdisk, terdapat pilihan sistem file apa yang akan dipilih. Flashdisk dapat memiliki beberapa pilihan sistem file. Jika kegagalan transfer file dengan pesan kesalahan the file is “too large for the destination file system”, maka penyebabnya bisa terjadi karena sistem file yang digunakan adalah FAT32. Untuk mengatasinya, maka perlu untuk mengubah sistem file.

Cara mengubah format sistem file

  1. Klik kanan pada drive yang akan diformat untuk diganti sistem filenya
  2. Saat jendela pemformatan terbuka, pilih file system dengan pilihan NTFS
  3. Klik format dan tunggu proses selesai
  4. Setelah proses format selesai, silahkan untuk dapat mengulang kembali transfer file

Langkah-langkah di atas merupakan alternatif dari kendala transfer file. Kegagalan transfer file dengan pesan kesalahan the file is “too large for the destination file system” bisa terjadi karena memang kapasitas penyimpanan yang kurang atau karena format sistem file. Pastikan terlebih dahulu kendala yang terjadi.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar