Mengenal dan Memilih FAT32, exFAT, dan NTFS

No comments
Mengenal dan memilih format sistem file FAT32, NTFS, dan exFAT

Format FAT32, exFAT, dan NTFS merupakan suatu format dalam sistem file. Ketiga format tersebut saat ini menjadi format yang sering dijumpai di berbagai macam perangkat penyimpanan yang berbeda-beda. Masing-masing format tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing.

Apa itu FAT32?

FAT32 (File Allocation Table 32) merupakan suatu sistem file yang telah lama ada. Format ini diperkenalkan dengan MS-DOS 7.1/Windows 95 pada tahun 1996. Dengan kehadirannya yang terbilang telah lama, format ini menjadi sebuah standar. Banyak perangkat dan sistem operasi yang dapat mendukung format ini. Dalam hal ini, format FAT32 memiliki kompabilitas yang sangat luas. Format FAT32 hanya mendukung perangkat dengan penyimpanan hingga 32GB. Itulah alasan format ini dapat ditemui pada perangkat penyimpanan dengan kapasitas 32GB atau di bawahnya.

Selain itu, FAT32 memiliki batasan dalam menyimpan file tunggal dengan ukuran maksimal 4GB. Sistem file ini lebih cocok digunakan untuk media penyimpanan eksternal dan tidak bisa digunakan untuk drive internal. Hal ini karena FAT32 tidak memiliki otoritas serta fitur keamanan yang memadai.

  • Kelebihan: Kompabilitas tinggi
  • Kekurangan: batasan dukungan penyimpanan hanya 32GB dengan file tunggal 4GB
  • Kapan digunakan: saat digunakan untuk removable device, tidak berencana menyimpan file besar, dan ketika menggunakan media penyimpanan berukuran 32GB atau kurang

Apa itu NTFS?

NTFS (New Technology File System) merupakan sistem file yang digunakan di komputer ataupun laptop dengan sistem operasi (OS) berbasis Windows. Format NTFS dapat berjalan dengan baik di Windows namun memiliki keterbatasan dukungan di perangkat serta OS yang lain. Format ini tidak memiliki batasan ukuran file atau partisi yang realistis. Dengan begitu, NTFS dapat digunakan perangkat penyimpanan yang sangat besar.

NTFS merupakan sistem file yang modern. Tekonologi yang digunakan sistem ini mendukung otoritas file untuk keamanan, enkripsi, mengatur partisi atau kuota volume, kinerja, dan fitur-fitur yang lainnya.

  • Kelebihan: dukungan penyimpanan tinggi, fitur modern
  • Kekurangan: kompabilitas terbatas
  • Kapan digunakan: saat memakai media penyimpanan digunakan di perangkat windows

Apa itu exFAT?

exFAT (Extensible File Allocation Table) merupakan suatu format sistem file \”upgrade\” dari format FAT32. Kompabilitas yang dimiliki oleh format exFAT ini tergolong luas. Banyak perangkat serta OS yang dapat mendukungnya. Selain itu, format ini dapat mendukung media penyimpanan yang memiliki ukuran lebih dari 64GB serta dapat menyimpan file tunggal lebih dari 4GB.

  • Kelebihan: dukungan penyimpanan tinggi, kompabilitas luas
  • Kekurangan: masih terdapat perangkat atau fitur yang tidak mendukung
  • Kapan digunakan: saat ingin menggunakan media penyimpanan yang digunakan di lintas perangkat atau OS

Kesimpulan

  • NTFS merupakan sistem file modern, digunakan Windows di drivenya secara default
  • FAT32 memiliki kompabilitas yang lebih luas, namun dengan batasan penyimpanan
  • exFAT bisa menjadi alternatif pengganti FAT32 dengan kompabilitas yang lebih besar dari NTFS

*Catatan Tambahan

Istilah “Removable device” (perangkat yang dapat dilepas) mengacu pada perangkat yang dapat dilepas dengan mudah dari komputer atau perangkat lain, seperti flash drive, kartu memori, atau hard drive eksternal.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar